Minggu, 16 September 2012

Pengertian Alam Takambang Jadi Guru


Alam takambang jadi guru adalah pepatah yang berasal dari Minangkabau. Kalau dibahasa-Indonesiakan, kira-kira menjadi alam terkembang menjadi guru.

Baru-baru ini, pepatah tersebut masuk dalam perangkat pembelajaran untuk guru. Entah siapa yang memasukkan, yang jelas perangkat pembelajaran tersebut telah digandakan oleh banyak guru dan secara tidak langsung menyebarluaskan pepatah alam takambang jadi guru.

Guru di daerah Sumatra Barat dan guru-guru penutur bahasa Melayu pada umumnya akan langsung mengerti makna pepatah tersebut. Sementara itu, mereka yang tidak mengerti bahasa Melayu dan bahasa Minang, hanya bisa mengira dan mendiskusikan pengertiannya kepada teman sejawat.

Pepatah alam takambang jadi guru ini sangat dipahami oleh setiap orang yang berasal dari Sumatra Barat. Secara turun-temurun pepatah ini diajarkan, baik secara lisan maupun melalui berbagai karya tulis, termasuk di dalamnya karya sastra. Secara sederhana, alam takambang jadi guru dapat diartikan 'agar kita belajar kepada alam dan berbagai fenomenanya yang senantiasa mengabarkan sebuah kearifan'. Di dunia akademis, pepatah lama ini diangkat oleh Universitas Negeri Padang menjadi motto (Renstra IKIP Padang 1997-2006). Penggunaan alam takambang jadi guru sebagai motto dimaksudkan agar setiap individu di lingkungan Universitas Negeri Padang selalu responsif dan proaktif terhadap lingkungannya.
Sumber : travel.detik.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar